Beranda | Artikel
Mengenal Ulama : Abdul Ghani al-Maqdisi
Senin, 1 Mei 2017

al-Hafizh Abdul Ghani al-Maqdisi (penulis kitab Umdatul Ahkam). Beliau dilahirkan pada tahun 541 H di kota Jammaa’il di Nablus. Kemudian berhijrah bersama keluarganya ke Damaskus pada tahun 551 H. Pada tahun 561 H beliau mulai melakukan perjalanan menimba ilmu bersama dengan saudara sepupunya Ibnu Qudamah al-Maqdisi menuju kota Baghdad. Kemudian mereka berdua kembali ke Damaskus pada tahun 565 H dan pada saat itu beliau berumur 24 tahun.

Pada tahun 566 H beliau kembali mengadakan perjalanan untuk menimba ilmu ke Iskandariah di Mesir dan belajar kepada seorang ulama hadits bernama Abu Thahir as-Silafi (wafat 576 H). Setelah itu beliau pun mengadakan perjalanan menimba ilmu ke berbagai negeri dan kota yang lainnya. Beliau belajar hadits dan mendakwahkannya sehingga tersebar luas di Syam.

Abdul Ghani al-Maqdisi adalah seorang ulama yang berpegang teguh dengan aqidah dan manhaj salaf serta menjauhi jalan-jalan kaum ahlil ahwaa’ dan penebar bid’ah. Beliau pun mendakwahkan aqidahnya mengenai sifat-sifat Allah dan karena itu pula beliau banyak mendapatkan tekanan dan permusuhan dari kaum yang menyimpang semacam Asya’irah.

Beliau adalah orang yang memiliki akhlak mulia, dermawan dan berlapang dada serta konsisten dengan adab para salafus shalih. Beliau senantiasa menegakkan amar ma’ruf dan nahi mungkar. Tidak membuat beliau gentar celaan dan cacian orang-orang yang tidak suka dengan dakwahnya. Karena itulah beliau sering mendapatkan gangguan dan makar dari orang-orang yang menyimpang sampai pada akhirnya beliau berhijrah ke Mesir dan meninggal di sana.

Beliau wafat di Mesir pada tahun 600 H dalam usia 59 tahun. Beliau telah meninggalkan banyak karya ilmiah bagi umat, diantaranya adalah : Umdatul Ahkam, al-Kamal fi Asma’i Rijal, al-Iqtishad fil I’tiqad, Mukhtashar Sirah an-Nabi wa Ash-habihil Asyarah, al-Amru bil Ma’ruf wa an-Nahyu ‘anil Munkar, dll. Semoga Allah membalas jasa-jasa beliau dan mengampuni dosa-dosanya.

# Sumber : Biografi ringkas Abdul Ghani al-Maqdisi rahimahullah dalam kitabnya Fadha’il Ramadhan, hal. 9-13 dengan tahqiq Abu Abdillah Ammar bin Sa’id al-Jaza’iri.  

Keterangan Tambahan :

Imam Abdul Ghani al-Maqdisi telah menulis sebuah kitab khusus dalam hal aqidah yang dikenal dengan nama Aqidah al-Hafizh Abdul Ghani al-Maqdisi. Kitab ini telah disyarah/dijelaskan oleh Syaikh Abdurrazzaq al-Badr hafizhahullah dalam sebuah buku/kitab yang berjudul ‘Tadzkiratul Mu’tasi Syarh Aqidah al-Hafizh Abdul Ghani al-Maqdisi’.

Kitab syarah beliau ini pada asalnya adalah ceramah yang beliau sampaikan dalam kegiatan daurah ilmiah/kajian intensif yang diadakan di Kota Madinah Saudi Arabia kemudian rekaman daurah tersebut -dengan usulan dari sebagian penimba ilmu- ditranskrip sehingga terbit menjadi sebuah buku. Dijelaskan oleh Syaikh Abdurrazzaq mengapa beliau tertarik untuk mengupas kandungan kitab matan ini. Beliau katakan, bahwa Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah dahulu pernah mengatakan bahwa matan Aqidah al-Hafizh Abdul Ghani al-Maqdisi termasuk matan yang beliau hafalkan pada masa awal-awal menimba ilmu agama (lihat mukadimah beliau dalam kitabnya Tadzkiratul Mu’tasi, hal. 3 cet I. Penerbit Ghiras 1424 H/2003 M)

Semoga Allah memberikan balasan sebaik-baiknya kepada Syaikh Abdurrazzaq al-Badr atas apa yang beliau tulis dan menjadikan kita termasuk orang-orang yang bisa mengambil faidah dan menebarkan manfaat dari kitab tersebut.

Allahumma aamiin.


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/mengenal-ulama-abdul-ghani-al-maqdisi/